PROPOSAL USAHA
TELUR ASIN RAINBOW
NAMA KELOMPOK :
LAODE MUHAMMAD SAIFUL (15214953)
ROMI WINATA (19214795)
YOGI DWI KURNIAWAN (1C214417)
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Inovasi
berbagai pengolahan pangan merupakan salah satu usaha produsen untuk menarik
minat konsumen yang ada di pasar. Bentuk inovasi pangan yang sedang berkembang
di masyarakat atau negara Indonesia sekarang ini salah satunya adalah
pengolahan hasil dari peternakan itik, berupa telur maupun daging. Hal ini
dikarenakan output dari hasil pertenakan seperti daging dan telur itik, tidak
dapat bertahan lama setelah dipanen. Telur itik memiliki struktur kulit yang
keras dan tidak mudah retak, hal ini menjadi gambaran untuk pengolahan telur
itik lebih lanjut menjadi telur asin agar bisa lebih awet pada saat
dikonsumsi.Dari sekian banyak telur yang dihasilkan oleh hewan unggas, sebagai
salah satunya adalah telur itik yang sering dikonsumsi masyarakat dari segala
kalangan, dan belum dioptimalkan potensinya untuk diolah lebih lanjut ke dalam
bentuk olahan. Hal ini dikarenakan telur dikonsumsi dalam bentuk masakan
langsung, seperti digoreng, dll.
pengolahan
telur itik menjadi “Telur Asin Rainbow”, dengan berbagai varietas rasa yang bisa dibuat, yaitu telur asin rasa Jahe, telur asin rasa Cabe dan telur asin rasa Jeruk. Hingga saat ini potensi pengolahan telur asin dengan berbagai rasa masih
kurang dikenal oleh masyarakat umum. Di sisi lain, sebagian besar masyarakat
baru mengenal kalau telur asin itu hanya memiliki satu rasa saja yaitu asin
atau sesuai dengan namanya. Kalangan masyarakat sekarang sudah banyak yang
berkecimpung menjadi peternak itik, tapi dengan masih minimnya ide untuk
mengolah hasil ternak itik tadi berupa telur, yang sebenarnya dapat diolah
lebih lanjut. Adanya pengolahan menjadi telur asin aneka rasa tadi, diharapkan
dapat menambah nilai jual telur itik serta menjadi daya tarik tersendiri,
karena telur asin sangat praktis untuk di konsumsi sebagai lauk makan sekaligus
mengandung protein dan bergizi tinggi.
1.2.
Visi & Misi
Usaha
·
Visi
Usaha Produksi “Telur Asin Aneka Rasa” Sebagai Alternatif Wirausaha Bagi
Mahasiswa.
·
Misi
Pemanfaatan telur itik sebagai bahan utama dalam usaha meminimalkan biaya
dan memaksimalkan keuntungan.
BAB II
ASPEK PEMASARAN
2.1.
Gambaran Umum
Pasar
a.
Segmentasi
Bila didasarkan pada faktor demografi, segmentasi pasar untuk produk telur
asin cenderung pada segmen kelompok ekonomi menengah karena disesuaikan dengan
harga dan target pasar yang ada. Selain itu diasumsikan kelompok masyarakat
ekonomi menengah merupakan kelompok masyarakat yang peduli akan kesehatan,
sehingga produk ini cocok untuk mereka.
b.
Targetting
Berdasarkan segmentasi pasar yaitu beberapa tempat pasar, toko, warung
makan, swalayan, yang akan kita gunakan untuk menyalurkan kepada konsumen.
c.
Positioning
Pandangan
konsumen maupun pelanggan ketika melihat Usaha
Produksi “Telur Asin Rainbow” Sebagai
Alternatif Wirausaha Bagi Masyarakat.
- Permintaan
Permintaan dari pelanggan.
Tahun
|
Perkiraan Permintaan
( dalam butir )
|
2014
|
1000 butir/bulan
|
2015
|
1500 butir/bulan
|
2016
|
2000 butir/bulan
|
- Penawaran
Penawaran dari produk pesaing sejenis di pasar
Nama Perusahaan
Pesaing
|
Kapasitas Produksi / Tahun
( dalam butir)
|
Telur itik original
|
18000 butir/tahun
|
Proyeksi penawaran dalam beberapa
periode / tahun mendatang. Proyeksi
penawaran disesuaikan dengan permintaan seperti kenaikan x % per tahun sesuai
pertumbuhan ekonomi.
Tahun
|
Perkiraan
Penawaran
( dalam butir
)
|
2014
|
2000 butir/bulan
|
2015
|
2500 butir/bulan
|
2016
|
3000 butir/bulan
|
2.2.
Rencana
Penjualan dan Pangsa Pasar
Rencana
Penjualan adalah rencana produk yang akan dijual dalam waktu 1 tahun
disesuaikan dengan kondisi permintaan dan penawaran. Pangsa Pasar adalah
bagian dari penjualan produk kita dibandingkan dengan penjualan total
produk sejenis dalam industri.
Tahun
|
Permintaan
(A)
|
Penawaran
(B)
|
Peluang
(C = A-B)
|
Rencana
Penjualan
|
Pangsa Pasar
(E = DX100% /
C)
|
2014
|
1000 butir/bulan
|
2000 butir/bulan
|
1000 butir/bulan
|
900 butir/bulan
|
900/1000*100% =90
|
2015
|
1500 butir/bulan
|
2500 butir/bulan
|
1000 butir/bulan
|
900 butir/bulan
|
900/1000*100% =90
|
2016
|
2000 butir/bulan
|
3000 butir/bulan
|
1000 butir/bulan
|
900 butir/bulan
|
900/1000*100% =90
|
2.3.
Strategi
Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
2.3.1. Product
Produk yang
ditawarkan memiliki beberapa rasa,yaitu rasa jahe,cabe,jeruk. Penyediaan bahan
baku dan pembantu akan didapatkan dari pedagang-pedagang di pasar tradisional
dikarenakan harganya relatif lebih murah daripada di toko ataupun supermarket.
Telur asin rainbow akan
menjadikan para pedagang pasar tradisional sebagai mitra telur asin dalam
memasok bahan baku dan bahan pembantu.
2.3.2. Price
Produksi
telur asin aneka rasa ini akan dilaksanakan pada tahap awal akan dilakukan
dalam bentuk pengerjaan usaha rumah tangga. Setelah itu pada tahap selanjutnya,
dalam pembuatan telur asin rainbow akan diikut sertakan ibu-ibu dan remaja putri. Hal ini dilakukan mengingat
warga cangkupan/ tujuan awal dari kewirausahaan ini juga dapat untuk
memberdayakan warga sekitar. Pemberdayaan masyarakat ini juga merupakan salah
satu usaha kita untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas.
2.3.3. Promotion
Strategi
bauran promosi yang dilakukan perusahaan telur asin rainbow adalah sebagai berikut:
1. Advertising yang Dilakukan
pada kegiatan/event yang diadakan di kota dalam bentuk stand penjualan.
2. Sales Promotion dengan
melakukan Pembuatan leaflet dan brosur promosi.
3. Personal selling dengan Sistem door to door.
4. Public relation Kerjasama dengan warung, dan tempat makan sederhana,serta supermarket.
2.3.4. Placement
Mendistribusikan
produk-produknya kepada konsumen Kota Depok melalui 2
cara, yaitu secara langsung dan tidak langsung.
1. Secara Langsung menawarkan ke
masyarakat dan pasar-pasar.
2. Secara Tidak Langsung,
menitipkan ke warung-warung, setiap minggu datang untuk mengambil hasilnya.
2.3.5. People
Sumber daya
manusia secara umum yang dapat meningkatkan penjualan produk ke konsumen secara
langsung ataupun tidak langsung.
2.3.6. Process
Produk yang
bagus, dan kemasan yang unit merupakan salah satu untuk menarik parakonsumen untuk membeli produk kami.
2.3.7. Physical Eviden
Penampilan
fisik dari fasilitas pendukung atau sarana dalam menjual produk yang dapat
dilihat langsung oleh konsumen. Seperti tempat yang menarik dan bersih.
BAB III
ASPEK
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
3.1.
Aspek
Organisasi
·
Nama Perusahaan / Usaha : Telur Asin Rainbow
·
Nama Pemilik / Pimpinan : Laode Muhammad Saiful
· Alamat kantor
dan tempat usaha : Jalan. Siliwangi
No.34 Kec.Sukmajaya Kota Depok,Jawa
Barat
Jabatan, Jumlah
staf, Uraian Tugas, dan Penggajian
Jabatan
|
Uraian Tugas
(A)
|
Jumlah
(B)
|
Gaji / Bulan
(C)
|
Total
(BxC)
|
Pimpinan
|
Mengatur
|
1
|
6,000.000
|
6,000.000
|
Direksi
|
pengelola
|
2
|
4,000.000
|
12,000.000
|
Staff
|
||||
1. Bag. Pemasaran
|
Memasarkan
|
4
|
3,000.000
|
12,000.000
|
2. Bag. Produksi
|
Memproduksi
|
6
|
3,000.000
|
18,000.000
|
3. Bag. Keuangan
|
Mengatur
Keuangan
|
2
|
3,000.000
|
6,000.000
|
Total Gaji /
Bulan
|
54,000.000
|
3.2.
Kegiatan Pra
Operasi dan Jadwal Pelaksanaan
Kegiatan sebelum usaha dimulai
disertai dengan jadwal pelaksanaan yang diatur berdasarkan periode tertentu (
mingguan atau bulanan ).
KEGIATAN
|
JADWAL PELAKSANAAN
( Dalam Mingguan )
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Survey Pasar
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2. Menyusun Rencana Usaha
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Survey tempat usaha
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4. Survai Mesin / Peralatan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
5. Pemasangan Sarana Penunjang
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6. Operasional
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3.3.
Inventaris
Kantor dan Supply Kantor
Inventaris kantor untuk barang yang umur produknya lebih dari 1 tahun.
Inventaris / Perangkat Kerja
|
Jumlah unit
|
Harga
|
Jumlah harga
|
1. maksipack
|
1
|
2,000.000
|
2,000.000
|
Total Inventaris Kantor
|
2,000.000
|
Supply Kantor merupakan biaya
untuk menunjang kegiatan administrasi seperti ATK Alat Tulis Kantor ( umur
ekonomis 1 tahun atau kurang )
Jenis Biaya
Supply Kantor
|
Total Biaya
per Tahun
|
ATK
|
4,000.000
|
Total Supply Kantor
|
4,000.000
|
BAB IV
ASPEK PRODUKSI
4.1. Produk
Perencanaan yang perlu dilakukan
menyangkut produk (output), terutama pada usaha manufaktur dan industri
pengolahan adalah:
a. Dimensi Produk
Strategi
mengenai bagaimana produk usaha dapat menarik hati konsumen untuk membelinya.Produk yang ditawarkan merupakan produk telur asin rainbow yang memiliki kualitas terbaik dengan kadar gizi yang tinggi dan menyehatkan dan sekaligus berkhasiat obat.
b. Nilai/Manfaat Produk
Produk telur asin aneka rasa yang
ditawarkan memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan konsumen. Telur asin yang diolah memiliki banyak kandungan gizi yang
bermanfaat. Produk telur asin rainbow
memperdulikan kesehatan pelanggan.
c. Kegunaan/Fungsi
Produk
Produk yang
dibeli dan digunakan oleh konsumen akhir (pemakai akhir). Telur asin rainbow merupakan produk yang dapat
dinikmati dengan berbagai pilihan rasa dan harga. Selain itu kandungan gizi
yang diproses dengan sesederhana mungkin.
4.2. Proses
Produksi
a. Langkah Awal Pembuatan Telur Asin Rainbow
Untuk meracik telur asin rainbow, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih telur yang
berkualitas. Selama ini, jenis telur yang banyak digunakan dalam usaha telur
asin adalah telur itik. Hal ini dikarenakan, telur itik memiliki kandungan
nutrisi yang lengkap dan cenderung mudah rusak. Untuk memilih telur itik yang
masih baik, langkahnya cukup mudah. Masukkan telur itik ke dalam wadah berisi
air. Perhatikan, apabila telur tenggelam mahal tersebut berarti telur layak
untuk diolah.
Langkah selanjutnya adalah dengan
mempersiapkan bahan. Adapun bahan-bahan yang digunakan adalah abu gosok atau
bubuk bata merah, bubuk garam atau garam kasar, wadah untuk membuat adonan,
wadah untuk menyimpan telur serta penambah rasa pada telur tergantung varian
apa yang hendak Anda buat.
b. Proses Pembuatan Telur Asin
Setelah bahan-bahan siap, selanjutnya
yang Anda lakukan adalah membuat adonan garam. Langkah pertama adalah campurkan
bahan-bahan abu gosok atau bubuk bata merah dalam wadah bersama bubuk garam
serta campuran bahan penambah rasa, misalnya rasa jahe. Untuk membuatnya kental, tambahkan air secukupnya. Setelah dihasilan
kekentalan yang pas, balurkanlah adonan tersebut pada telur yang telah
dibersihkan sebelumnya. Setelah itu simpanlah dalam wadah penyimpanan yang
telah disediakan selama tujuh hari hingga sepuluh hari, tergantung kadar asin
yang Anda inginkan.
Selain membaluri telur dengan adonan
garam tadi, cara membuat telur asin
aneka rasa juga bisa dengan metode perendaman telur bersama adonan garam
tadi. Caranya, susun telur itik yang telah dibersihkan dalam wadah dengan
hati-hati. Setelah itu tuang semua adonan ke dalam wadah tersebut. Pastikan
semua telur tertutupi adonan dengan sempurna. Masa perendaman sama dengan masa pembaluran,
tujuh hingga sepuluh hari tergantung pada selera Anda.
4.3.
Kapasitas
Produksi
Perencanaan
kapasitas produksi dilakukan untuk semua mesin, peralatan, dan faktor produksi
lainnya sesuai dengan rencana jumlah produk akhir yang akan dihasilkan.
Tahun
|
Rencana
produksi (dalam Butir/bulan)
|
2014
|
1000 butir/bulan
|
2015
|
1500 butir/bulan
|
2016
|
2000 butir/bulan
|
4.4.
Tanah dan Bangunan
Dalam menjalankan kegiatan usaha
salah satu bagian rumah sebagai lokasi pabrik kecil dalam memproduksi berbagai
macam telur asin rainbow. Ini menjadi keunggulan sendiri, karena tidak
perlu menyewa ataupun membeli tempat untuk melakukan kegiatan produksinya. Lokasi pabrik yaitu berada di Jalan.
Siliwangi No.34 Kec.Sukmajaya Kota Depok Jawa Barat Dengan begitu modal yang diperlukan pun tidak
terlalu banyak.
4.5.
Pemasangan Sarana Penunjang
Jenis Biaya
|
Jumlah Biaya
|
Pemasangan instalasi listrik
|
200 / bulan
|
Pemasangan instalasi air (PAM)
|
50 / bulan
|
Pemasangan instalasi telepon
|
75 / bulan
|
Pemasangan instalasi internet
|
150 / bulan
|
Total Biaya
Pemasangan Sarana Penunjang :
|
475 / bulan
|
4.6.
Bahan Baku
dan Bahan Pembantu
Bahan baku utama yang berupa telur
itik, Untuk produksi jangka panjang, perlu dilakukan survei bahan baku, karena
semakin besar kapasitas produksi semakin terjangkau pula harga jual oleh
konsumen, sehingga produk telur asin rainbow dapat diproduksi secara massal dan
menjadi lebih murah.
4.7.
Biaya Umum Usaha/Pabrik
Sebagai komponen biaya modal kerja yang terakhir,
perlu juga direncanakan biaya-biaya penunjang (sarana dan prasarana), misalnya
sebagai berikut:
Nama Bahan Baku
|
Jumlah Unit
|
Harga
|
Jumlah Harga
|
maksipack
|
1
|
2,000.000
|
2,000.000
|
batu halus
|
5
|
20.000
|
100.000
|
aneka rasa bumbu
|
5
|
15.000
|
75.000
|
Total
Pembelian Bahan
Baku
|
2,175.000
|
Jenis
Biaya Umum Usaha/Pabrik
|
Jumlah
Biaya/Tahun
|
Pemeliharaan
peralatan
|
30,000.000
|
Suku cadang
|
20,000.000
|
Rekening
listrik, air, telepon.
|
30,000.000
|
Pemeliharaan
bangunan
|
120,000.000
|
Total Biaya Umum Usaha/Pabrik per tahun:
|
200,000.000
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar